Lihat Kemajuan Pelayanan Air Minum, BRPAM Kunjungi ATB dan BP Batam

10 Desember 2018

Selama dua hari, Selasa Rabu (4-5/12/2018) tim BRPAM melakukan kunjungan kerja kepada pemangku kepentingan air minum di Batam, yaitu ke PT. Adhya Tirta Batam (ATB) dan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam). Tujuannya adalah mempelajari pengalaman ATB dalam melakukan strategi pelayanan air minum yang efisien dan pengalaman BP Batam dalam pengaturan kerjasama swasta pelayanan air di Batam. Tim BRPAM yang berkunjung sebanyak 7 orang dipimpin oleh Ketua BRPAM, Donna Ria Silaen, yaitu terdiri dari Anggota dan Senior Staf serta ahli IT. Kunjungan pertama dilakukan ke ATB (tentang ATB, www.atbbatam.com) dan diterima oleh Corporate Secretary dan IT Manager bersama senior staf lain  di ruang Visitor Center ATB yang berada di daerah Mukakuning. Pada pertemuan ini ATB memaparkan kondisi pelayanan air minum di Batam, aplikasi teknologi terkini untuk efisiensi pelayanan air minum, integrasi sistem pelayanan dari air baku, produksi, reservoir hingga jaringan pelanggan dan kendala yang dihadapi. Jamaluddin, IT and System Manager memaparkan penggunaan SCADA, AIRS, ARV untuk mendukung efisiensi pelayanan. “Kami bahkan mendesain dan mengembangkan sistem IT sendiri untuk pelayanan terintegrasi ini, bukan lisensi dari pihak lain” jelas Jamal saat menjelaskan pengalaman mengembangkan aplikasi teknologi. Ditambahkan oleh Ginting, Corporate Secretary, bahwa dengan aplikasi teknologi tingkat kebocoran air (NRW) di ATB menjadi rendah, yaitu 16%, dan tingkat efisiensi pelayanan mencapai 99%. Pada sisi lain dijelaskan bahwa ketersediaan sumber air baku menjadi tantangan besar di Batam, mengingat ketersediaan sumber air baku hanya mengandalkan air hujan dan penangkapan air laut. Pada pertemuan dengan ATB ini BRPAM juga mengunjungi instalasi pengolahan air (Water Treatment Plant) yang berada di wilayah DurianAngkang yang memiliki kapasitas 2200L/det. Atas capaian ATB ini, BRPAM memberikan apresiasi yang tinggi dan memuji pencapaiannya. “Capaian ini excellent” kata Donna Ria, Ketua BRPAM.

Kunjungan Kerja ke ATB

Esok harinya kunjungan dilanjutkan ke kantor Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), yang berada di daerah Batam Center (lebih detail lihat https://bpbatam.go.id).Tim BRPAM diterima oleh Kepala Kantor Air Minum dan Air Limbah, Binsar Tambunan didampingi oleh Kepala Bagian Air Limbah, Iyus Rusmana beserta jajarannya. Pada paparannya, Iyus menjelaskan peran tanggung jawab BP Batam dalam penyediaan air minum di Batam, pelaksanaan kerjasama dengan ATB, rencangan pengembangan air minum ke depan, rencana integrasi pelayanan air minum dan air limbah serta ha-hal terkait kebijakan dan koordinasi dengan pemerintah daerah, kementerian dan pihak terkait lainnya. Selain itu, Binsar, Kepala Kantor, juga menjelaskan bahwa Perjanjian Kerjasama (PKS) BP Batam dengan ATB akan berakhir dua tahun kedepan, dan saat ini sedang dilakukan pembicaraan strategi pengakhiran dan tindak lanjut pelayanan air di Batam. “Terkait kerjasama pelayanan air minum ke depannya, kami harus mengacu pada ketentuan pemerintah yaitu PP 122” imbuh Binsar. Saat berbagi pengalaman, berdasarkan pengalamaman di Jakarta, BRPAM juga menjelaskan hal-hal yang harus dipersiapkan oleh BP Batam dalam mempersiapkan masa pengakhiran kerjasama, antara lain soal ketersedian sumber daya manusia, ahli teknologi, kepastian keberlanjutan pelayanan pelanggan, aspek regulasi dan hal-hal lainnya.

Diakhir masing-masing kunjungan, dilakukan pertukaran cendera mata dari BRPAM kepada ATB dan juga kepada  BP Batam dan sebaliknya.

 


Berita Terkait Layanan Air Minum

Jakarta Bentuk Tim Gabungan Suplai Air

www.indopos.co.id Kamis, 16 Agustus 2018
INDOPOS.CO.ID - PAM Jaya bersama PALYJA dan AETRA membentuk Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian ... Baca Selengkapnya  

Anies Bentuk Tim Ambil-Alih Pengelolaan Air Minum dari Swasta

poskotanews.com Kamis, 16 Agustus 2018
JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk tim khusus untuk persiapan ... Baca Selengkapnya  

DKI Bentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum, ini Anggotanya...

kompas.com 15 Agustus 2018 Penulis : Nibras Nada Nailufar Editor : Kurnia Sari Aziza
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk Tim Evaluasi Tata Kelola Air ... Baca Selengkapnya  

PAM Jaya Pastikan Pasokan Air di 51 Arena Asian Games Aman

suara.com 13/08/2018
Suara.com - Perusahaan Air Minum atau PAM Jaya memastikan pasokan air di 51 arena pertandingan ... Baca Selengkapnya  

Smart Control Room di Instalasi Pengolahan Air Buaran

Kumparan.com Rabu 08 Agustus 2018
PDAM DKI Jakarta dan PT Aetra Air Jakarta melakukan inovasi dengan peresmian Smart Operation with ... Baca Selengkapnya